Monday, July 14, 2008

Cetak Sekuriti dan Desain Sekuriti

Pada proses cetak atau desain dokumen sekuriti memerlukan teknik maupun peralatan yang khusus pula. Teknik cetak ini melalui unsur pracetak yang dimulai dari pembuatan desain yang cukup rumit hingga kepada teknik cetak dengan tingkat kepresisian yang sangat tinggi.
Sistem cetak ini memakai beberapa jenis tinta sekuriti dan sekuriti hologram yang dapat diterapkan pada semua kategori dokumen sekuriti, seperti misalnya pada dokumen penting kepemilikan kendaraan bermotor, surat perpajakan untuk pendapatan daerah diberbagai propinsi di Indonesia, ijazah perguruan tinggi swasta dan negeri, akte kelahiran, transkrip perguruan tinggi swasta dan negeri, dan semua Jenis Dokumen Sekuriti seperti ulasan sebelumnya.

Rosette
Suatu desain ornament yang berbentuk garis-garis melengkung tidak terputus dan menempati suatu area tertentu. Biasanya menyerupai bentuk bunga.

Guilloche
Suatu bentuk yang terdiri dari garis-garis melengkung tidak terputus yang menempati suatu area terbatas yang terbuat sedemikian rupa sehingga membentuk suatu ornament border yang indah.

Filter Image
Suatu image tertentu dapat terlihat bila film pembaca ini dipasang pada permukaan cetak, dan tanpa alat pembaca ini, text tidak dapat terbaca.

Anticopy
Suatu bentuk desain garis atau raster pada area tertentu dan tersembunyi akan nampak apabila dokumen ini di photo copy.

Microtext
Suatu elemen pengaman yang tersembunyi terdiri dari teks dengan ukuran sangat kecil sehingga secara kasat mata akan tampak seperti suatu garis lurus. Perlu bantuan loupe atau lensa pembesar untuk melihat text ini.

Line Width Modulation
Desain sekuriti ini terbentuk dari susunan garis yang mengalami penebalan pada garis-garis desain lurus maupun lengkungan pada area tertentu.

Relief Motif
Desain pengaman yang dibentuk dengan pembengkokan pada areal tertentu sehingga akan menimbulkan image seolah-olah desain relief terkesan timbul.