Monday, July 14, 2008

Dokumen Sekuriti

Dokumen sekuriti adalah sebuah dokumen yang dibuat secara khusus dengan mengacu pada prinsip utama yaitu mempersulit dan menghindari tindakan pemalsuan. Dalam proses pembuatannya tentu melalui tahapan-tahapan dimana jenis-jenis pengaman dan fitur-fitur tertentu yang secara kasat mata akan ditempatkan pada bagian-bagian tertentu dari dokumen tersebut sehingga akan mempermudah untuk mengenali keaslian atau tidaknya, tetapi sulit untuk ditiru dan dipalsukan.
Tidak semudah itu saja, ada pula jenis pengamanan dengan level yang lebih tinggi lagi untuk ditempatkan bahkan “ditanamkam” untuk menghindari pemalsuan.
Pengamanan dengan level tinggi ini akan membutuhkan alat tertentu untuk mengamatinya seperti lampu UV, kaca pembesar atau loupe (contoh: surat-surat kendaraan bermotor, ijazah-ijazah mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi, KTP dll).
Bahkan dokumen sekuriti saat ini telah melalui serangkaian teknologi untuk masuk pada kategori dan tahapan pengamanan tertinggi. Hanya ahlinya saja yang dapat memberikan klarifikasi dan identifikasi keasliannya melalui serangkaian test hingga tahap pemeriksaan dengan menggunakan proses lebih seksama pada skala forensic untuk membuktikan keasliannya.